-->

Pengertian Metagenesis Tumbuhan dan Hewan

Pengertian Metagenesis Tumbuhan dan Hewan. Metagenesis adalah pergiliran daur hidup generasi yang bereproduksi secara aseksual (tidak kawin) dan generasi yang bereproduksi secara seksual. Pada umumnya kedua generasi ini berbeda morfologinya.
Pengertian Metagenesis Tumbuhan dan Hewan

METAGENESIS PADA TUMBUHAN
Peristiwa metagenesis pada tumbuhan dapat dengan jelas dilihat pada tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (Pterydophyta). Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku memiliki generasi seksual (generatif) yang disebut generasi sporofit.

Tumbuhan lumut yang sering kita lihat merupakan generasi gametofit, sebaliknya tumbuhan paku yang sering kita lihat adalah generasi sporofit. Coba amati pada suplir pada daunnya sering terlihat ada spora-spora terutama pada daun bagian bauth. Pada tumbuhan paku, generasi gametofitnya adalah protalium. Sebenarnya pada tumbuhan berbiji juga terjadi metagenesis, yang tampak oleh kita adalah generasi sporofit. Sedangkan generasi gametofit betina berkembang di dalam bakal biji dan masih berhubungan dengan tumbuhan induknya. Perkembangan gametofit jantan dimulai saat terbentuknya mikrospora, setelah itu dilanjutkan dengan penyerbukan.

METAGENESIS PADA HEWAN
Pada kelompok hewan tertentu ada yang mengalami pergiliran generasi, yaitu fase generatif (seksual) dan fase vegetatif (aseksual) secara bergantian. Contoh hewan yang mengalami metagenesis adalah dari filum Chidaria, misalnya dari kelas Hydrozoa sebagai contoh hewannya adalh hidra (hydra), Obelia serta dari kelas Scyphozoa contoh hewannya adalah ubur-ubur. Hewan-hewan ini memiliki dua fase dalam daur hidupnya, yaitu polip dan medusa. Medusa merupakan fase seksual (generatif) dan polip merupakan fase aseksual.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian dan Fungsi Kloroplas
- Struktur dan Fungsi Daun

- Pembagian Dunia Organisme Menurut Robert H. Whittaker
- Pengertian Transportasi Zat dan Berkas Pembuluh
- Sistem Pernapasan Pada Manusia
- Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh
- Struktur dan Susunan Anatomi Akar Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang
- Pengertian, Bagian dan Ezim Pada Pankreas
- Peranan Fungi Dalam Bidang Pertanian
(sumber: Persiapan Menghadapi Olimpiade Tingkat SMP/MTs, hal. 209 oleh: Sucipto Hariyanto, Bambang Irawan)

0 Response to "Pengertian Metagenesis Tumbuhan dan Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel