Sabtu, 20 Februari 2016

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh

Pada kesempatan kali ini sobat akan saya ajak belajar tentang sistem pembuluh yang terdapat pada tubuh, yang salah satunya adalah kelenjar limfe. Pembuluh limfe pada tempat-tempat tertentu membentuk simpul yang disebut kelenjar limfe, misalnya pada leher, ketiak, dan pangkal paha. Kelenjar limfe merupakan tempat pembuatan sel darah putih. Bila tubuh kita luka dan terkena infeksi kuman, kelenjar limfe yang terdekat dengan luka tersebut akan membengkak. Hal ini merupakan reaksi dari kelenjar limfe terhadap masuknya kuman.

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh
Di dalam tubuh juga terdapat alat tubuh yang fungsinya sama dengan kelenjar limfe, yaitu limpa, timus, dan tonsil. Saya akan menjelaskan mengenai bagian dan fungsi dari ketiganya tersebut dibawah ini:

1. Limpa
Limpa adalah sebuah kelenjar yang berwarna merah tua yang terletak di bagian depan dan dekat punggung rongga perut diantara diafragma dan lambung. Fungsi limpa adalah sebagai berikut:
- Tempat pembentukan sel darah putih dan anti bodi
- Tempat penyimpanan cadangan sel darah
- Tempat membunuh kuman-kuman penyakit
- Tempat pembongkaran sel darah merah yang sudah mati

2. Timus
Timus adalah kelenjar yang terletak di belakang tulang dada, di depan jantung berupa organ pipih berbentuk segitiga dengan alasnya menghadap ke leher. Kelenjar timus mengandung sel-sel limfosit.

3. Tonsil
Tonsil atau amandel adalah kelenjar limfe yang terletak di bagian kanan dan kiri pangkal tenggorokan. Tonsil yang berada dibelakang anak tekak yaitu di dalam rongga hidung disebut polip hidung. Fungsi tonsil adalah untuk mencegah infeksi yang masuk melalui hidung, mulut, dan tenggorokan.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Struktur dan Susunan Anatomi Akar Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang
- Pengertian, Bagian dan Ezim Pada Pankreas
- Peranan Fungi Dalam Bidang Pertanian
- Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof
- Pengertian dan Macam Gerak pada Tumbuhan
- Pengertian dan Penjelasan Pembelahan Mitosis dan Meiosis
- Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik
- Pengertian, Ciri-Ciri dan Sifat Virus (Peranan Virus dalam Kehidupan)
- Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi
Demikian pengertian dan fungsi kelenjar limfe bagi tubuh kita, selain kelenjar limfe, ada tiga kelenjar yang fungsinya mirip dengan kelenjar limfe yaitu limpa, timus dan tonsil (amandel), dari ketiganya mempunyai bagian dan fungsi yang berbeda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.
sumber: Persiapan Menghadapi OLIMPIADE, hal.190-191 Sucipto Hariyanto & Bambang Irawan

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar