Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang

Jenis Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang. Hubungan tulang adalah tempat satu lebih ujung tulang bertemu dan dapat mengakibatkan gerak atau tidak. Hubungan tulang yang memungkinkan pergerakan disebut persendian. Persendian ini disusun oleh beberapa bagian yang dapat memperkuat sendi dan mempermudah gerakan, yaitu ligamen, kapsul, cairan sinovial, dan membran sinovial.
Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang
Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang

1. Ligamen
Ujung-ujung tulang diikat bersama dari luar oleh jaringan ikat yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi seperti karet gelang yang kuat, mengikat kedua ujung tulang pada satu hubungan tulang, mencegah terkilirnya tulang (dislokasi), namun tetap memberi peluang untuk gerakan tulang.

2. Kapsul
Kapsul merupakan lapisan serabut yang menyelubungi sendi dan menghubungkannya bersama-sama. Di dalam kapsul, sendi membentuk rongga.

3. Membran Sinovial dan Cairan Sinovial
Pada bagian kapsul terdapat selaput yang membatasi permukaan. Dalam selaput ini ada selapis membran tipis yang disebut membran sinovial yang dapat mensekresikan cairan yang disebut cairan sinovial. Cairan sinovial berfungsi untuk melumasi tulang.

4. Tulang Rawan Hialin
Bagian ujung tulang pada hubungan sinovial ditutupi/dilapisi oleh lapisan tulang bawah hialin. Tulang rawan hialin ini bersama-sama dengan cairan sinovial melindungi bagian-bagian ujung tulang, sehingga dapat menghasilkan gerakan yang bebas. Berdasarkan dapat dan tidaknya digerakkan, hubungan tulang dibedakan atas diartrosis, amfiartosis, dan sinartrosis.

- Diartosis
Merupakan gerak tubuh yang umumnya adalah gerak karena hubungan sinovial. Diartosis memudahkan tulang untuk bergerak oleh karena adanya struktur seperti kapsul dan cairan sinovial, juga dimungkinkan oleh adanya bentuk-bentuk tertentu dari ujung-ujung tulang. Hubungan ini disebut persendian. Berdasarkan arah gerakannya, diartrosis dibedakan sebagai berikut.
  • Sendi Peluru. Pada kedua ujung tulang terjadi bentuk yang berlawanan, ujung yang satu berbongkol, ujung yang lain berlekuk. bentuk bongkol tadi seperti peluru, karena itu sendi ini disebut sendi peluru (endartrosis). Contohnya terdapat pada gelang bahu, tulang humerus dan gelang panggul, serta tulang femur.
  • Sendi Engsel. Ujung tulang yang berhubungan terdiri dari bongkol dan lekuk, tetapi lekuk tidak terlalu dalam. Selain itu bagian tertentu terdapat struktur penganjal sehingga gerakan yang dilakukan terbatas satu arah. Contohnya pada siku atau lutut.
  • Sendi Putar. Ada gerakan tertentu yang disebabkan oleh kedudukan tulang yang satu terhadap tulang lain, yaitu gerak rotasi (memutar). Contohnya antara tulang hasta dan pengumpil (gerak spin). Gerakan ini terjadi karena adanya sendi putar.
  • Sendi Pelana. Ujung tulang antara ibu jari tangan dan tulang telapak tangan membentuk pelana antara satu dengan yang lain. Gerakan yang dilakukan adalah dua arah, kedepan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan. Hubungan tulang ini disebut sendi pelana.
- Amfiartosis
Amfiartosis adalah hubungan tulang yang masih memungkinkan adanya sedikit gerakan. Amfiartosis dihubungkan oleh kartilago. Contohnya adalah hubungan antara tulang belakang dan tulang iga.

- Sinartrosis
Hubungan di kedua ujung tulang pada sinartrosis ini dipersatukan oleh serabut jaringan ikat, kemudian hubungan oleh serabut ini mengalami osifikasi sehingga persendian sinartrosis ini tidak dapat digerakan. Contohnya hubungan sinartrosis adalah pada tulang tengkorak.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian, Bagian dan Ezim Pada Pankreas
- Peranan Fungi Dalam Bidang Pertanian
- Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof
- Pengertian dan Macam Gerak pada Tumbuhan
- Pengertian dan Penjelasan Pembelahan Mitosis dan Meiosis
- Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik
- Pengertian, Ciri-Ciri dan Sifat Virus (Peranan Virus dalam Kehidupan)
- Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi
- Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Tumbuhan)
Demikian artikel tentang jenis, fungsi dan pengertian hubungan antar tulang, semoga bermanfaat bagi anda

0 Response to "Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel