Rabu, 20 April 2016

Struktur dan Fungsi Daun

Jika sobat mengamati daun tumbuhan yang ada di sekitar kita, akan terlihat berbagai jenis bentuk daun. Bentuk dan ukuran daun pada tumbuhan berbeda menurut umur dan kedudukan daun. Daun pada setiap jenis tumbuhan umumnya berbentuk khas dan tetap sehingga dapat digunakan sebagai salah satu dasar untuk mengenal dan mengelompokan suatu jenis tumbuhan. Daun terletak di bagian atas tumbuhan dan melekat pada batang yang menghadap ke atas itu memang sesuai dengan fungsi utamanya, yaitu fotosintesis. Selain itu daun berfungsi pula sebagai alat transpirasi dan respirasi. Struktur daun dibedakan atas struktur luar (morfologi) daun dan struktur dalam (anatomi) daun.

Struktur dan Fungsi Daun

STRUKTUR LUAR (MORFOLOGI) DAUN
Berdasarkan morfologinya, daun merupakan organ yang paling bervariasi, tetapi pada umumnya daun berbentuk lembaran pipih dan berwarna hijau. Akan tetapi, ada pula yang berbentuk jarum misalnya daun pinus, atau seperti sisik misalnya pada kaktus. Daun mempunyai bagian yang dinamakan tulang daun yang berfungsi memberi kekuatan pada daun dan sebagai jalan untuk pengangkutan zat-zat. Berdasarkan susunan tulangnya, dapat dibedakan menjadi empat, yaitu daun yang bertulang menyirip, daun bertulang menjari, daun yang bertulang sejajar, dan daun yang bertulang melengkung. Tumbuhan dikotil umumnya memiliki daun yang bertulang menyirip dan daun yang bertulang menjari, sedangkan tumbuhan monokotil umumnya memiliki daun yang bertulang melengkung dan daun bertulang sejajar.

Daun berdasarkan lengkap tidaknya bagian-bagian daun dibedakan menjadi dua, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. Disebut daun lengkap jika mempunyai bagian-bagian berikut:
- Upih daun atau pelepah daun
- Tangkai daun
- Heleian daun

Daun lengkap misalnya terdapat pada tumbuhan pisang, pinang, bambu, talas, dll. Sedangkan daun tidak lengkap jika kehilangan salah satu atau dua dari tiga bagian daun. Susunan daun tidak lengkap misalnya pada tumbuhan nangka dan mangga (daun hanya terdiri atas tangkai dan helaian), pada tumbuhan jagung dan padi (daunnya hanya terdiri atas upih dan helaian), sedangkan pada biduri dan tempuyung daunnya hanya terdiri atas helaian saja.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pembagian Dunia Organisme Menurut Robert H. Whittaker
- Pengertian Transportasi Zat dan Berkas Pembuluh
- Sistem Pernapasan Pada Manusia
- Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh
- Struktur dan Susunan Anatomi Akar Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang
- Pengertian, Bagian dan Ezim Pada Pankreas
- Peranan Fungi Dalam Bidang Pertanian
- Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof
- Pengertian dan Macam Gerak pada Tumbuhan
Berdasarkan susunan helaian daun pada tangkainya, daun dapat dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Disebut daun tunggal jika pada tangkai daunnya hanya terdapat helaian satu daun saja. Sedangkan disebut daun majemuk jika pada satu tangkai terdapat lebih dari satu helaian daun.

(sumber: Persiapan Menghadapi Olimpiade Tingkat SMP/MTs, hal. 75-76 oleh: Sucipto Hariyanto, Bambang Irawan)

Struktur dan Fungsi Daun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudy Siswanto

0 komentar:

Posting Komentar