Kamis, 28 April 2016

Pengertian dan Fungsi Kloroplas

Kloroplas adalah organel sel yang berbentuk semangka mempunyai membran pembungkus ganda untuk melindungi stroma dan cairan stroma, dan berukuran kira-kira 2-4 mm kali 4-7 mm. Stroma dipisahkan oleh sistem halus yang berupa membran tilakoid yang saling terhubung memisahkan stroma dan ruang lain.

Kantong tilakoid bertumpuk dalam kolom yang disebut grana. Warna daun berasal dari klorofil, yaitu pigmen warna hijau yang terdapat di dalam kloroplas. Energi cahaya yang diserap klorofil inilah yang menggerakan sintesis makanan dalam kloroplas. Pada tanaman tingkat tinggi terdapat dua macam klorofil, yaitu klorofil a (berwarna biru hijau) dan klorofil b (berwarna kuning-hijau). Yang berperan langsung dalam reaksi terang adalah klorofil a, yang mengubah energi matahari menjadi energi kimia.

Pengertian dan Fungsi Kloroplas

Pigmen lain dalam membran tilakoid dapat menyerap cahaya dan menstransfer energinya ke klorofil a. Pigmen lainnya adalah karotenoid, yaitu hidrokarbon yang mempunyai warna berbagai campuran kuning dan jingga. Sebagian karotenoid tampaknya berfungsi terutama dalam fotoproteksi, bukan meneruskan energi ke klorofil, senyawa ini malah menyerap dan melepaskan energi cahaya yang berlebihan, yang jika tidak dilepas akan merusak kloroplas.

Karotenoid berfungsi:

1.Melindungi klorofil dari fotooksidasi pada penyinaran yang terlalu kuat
2.Membantu klorofil menangkap dan menstransfer energi cahaya.

Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Struktur dan Fungsi Daun

- Pembagian Dunia Organisme Menurut Robert H. Whittaker
- Pengertian Transportasi Zat dan Berkas Pembuluh
- Sistem Pernapasan Pada Manusia
- Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh
- Struktur dan Susunan Anatomi Akar Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Serta Pengertian Hubungan Antar Tulang
- Pengertian, Bagian dan Ezim Pada Pankreas
- Peranan Fungi Dalam Bidang Pertanian
- Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof

Penangkapan energi cahaya dan pengubahan menjadi energi kimia terjadi di grana dan fiksasi CO2 terjadi di stroma. Di dalam kloroplas juga terdapat enzim yang diperlukan pada reaksi kimia fotosintesis. Di dalam kloroplas, pigmen berkelompok membentuk satuan-satuan yang dinamakan fotosistem. Tiap kloroplas selalu mempunyai dua macam fotosistem yang bekerja sama dalam penangkapan energi cahaya sehingga dihasilkan efek fotokimia disebut unit fotosintetik.

(sumber: Persiapan Menghadapi Olimpiade Tingkat SMP/MTs, hal. 101-102 oleh: Sucipto Hariyanto, Bambang Irawan)

Pengertian dan Fungsi Kloroplas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rudy Siswanto

0 komentar:

Posting Komentar