-->

Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)

Pewarisan Sifat. Pada sub bahasan kali ini saya akan membagikan ulasan singkat mengenai pewarisan sifat. Dalam pewarisan sifat, terdapat isitlah-istilahnya, seperti genetika yaitu ilmu yang mempelajari tentang keturunan atau pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya.
Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)

ISTILAH-ISTILAH DALAM PEWARISAN SIFAT
Beberapa istilah yang berkaitan dengan materi pewarisan sifat, yaitu:

1. Kromosom
Kromosom adalah jalinan materi benang di dalam inti sel sebagai bawaan sifat keturunan (hereditas). Kromosom tersusun atas dua bagian, yaitu:
  • Sentromer, berfungsi sebagai pembawa kromosom menuju dua kutub sel yang berlawanan pada proses pembelahan sel sehingga kromosom dapat terbelah.
  • Lengan Kromosom, merupakan bagian utama dari kromosom yang didalamnya terdapat benang-benang halus berpilin yang disebut  kromonema (pembawa sifat keturunan).
Berdasarkan fungsinya, kromosom dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Autosom, yaitu kromosom penentu sifat (karakter tubuh). Dalam sel manusia terdapat 22 pasang autosom.
  • Gonosom, kromosom yang menentukan jenis kelamin. Dalam sel tubuh manusia terdapat sepasang gonosom.
2. Gen
Gen adalah substansi hereditas yang menentukan sifat suatu individu.

3. Fenotipe
Yaitu karakter (sifat) yang dapat teramati (bisa dilihat dengan kasat mata) pada suatu individu yang ditentukan oleh faktor genotipe. Contoh: mawar merah, rambut keriting, tubuh tinggi.

4. Genotipe
Genotipe adalah sifat dasar pada tiap individu yang tidak tampak dan bersifat tetap. Dalam genetika, sifat genotipe dilambangkan dengan sepasang atau lebih simbol huruf. Satu huruf mewakili satu sifat genotipe. Dalam sepasang genotipe terdapat sifat dominan dan resesif.
Jika sifat dominan maka ditulis dengan huruf besar. Jika resesif maka ditulis dengan huruf kecil. Contoh: sifat rambut keriting dominan terhadap rambut lurus maka genotipe rambut keriting dapat ditulis KK atau Kk, sedangkan genotipe rambut lurus ditulis kk.

5. Dominan
Dominan adalah sifat suatu gen individu yang menutupi sifat lain dalam persilangan  dan dilambangkan dengan huruf besar. Contoh: sifat biji bulat lebih dominan terhadap biji keriput, jadi biji bulat dilambangkan BB, sedangkan biji keriput dilambangkan bb.

6. Resesif
Resesif merupakan sifat suatu gen individu yang ditutupi oleh sifat lain (gen dominan) sehingga tidak tampak pada keturunannya. Apabila dalam genotipe, gen dominan bertemu dengan gen resesif maka pada sifat fenotipenya, gen resesif akan tertutupi. Contoh: genotipe bunga "Mm" maka warna yang tampak (fenotipe) adalah merah. Sedangkan, gen resesif "m" yang bewarna putih tertutupi.

7. Intermediet
Intermediet adalah sifat suatu gen dimana sepasang gen yang berbeda tidak ada yang menutupi dan yang tertutupi(tidak ada yang dominan maupun yang resesif). Contoh: jika warna merah (M) dan putih (m) memiliki hubungan intermediet maka genotipe "Mm" memiliki fenotipe warna merah muda sebagi perpaduan kedua gen tersebut.

8. Alel
Alel merupakan anggota dari pasangan gen yang mengatur bagian sifat yang sama. Contoh: Misalnya alel dari "M" (gen warna merah), alel dari "H" (gen kulit halus) adalah "h" (gen kulit kasar). Sedangkan "M" bukan alel dari "H" maupun "h" karena beda gen.

9. Homozigot
Sepasang alel yang terdiri atas dua gen yang berbeda (gen dominan dan gen resesif). Contoh: bunga merah dengan genotipe Mm.

10. Parental
Induk yang mengalami persilangan (disilangkan). Contoh: bunga merah yang akan disilangkan dengan bunga putih.

11. Hibrida
Perkawinan dua individu yang memiliki satu atau lebih sifat yang berbeda. Persilangan dengan satu sifat beda disebut monohibrid. Sedangkan persilangan dengan dua sifat beda disebut dihibrid.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Tumbuhan)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)
- Pengertian dan Faktor-Faktor Seleksi Alam
- Kelangsungan Hidup Organisme (Pengertian, Jenis dan Contoh Adaptasi)
- Jenis, Pengertian dan Contoh Gerak Pada Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Organ Primer Tumbuhan
- Struktur dan Gerak Tubuh Tumbuhan (Jaringan Tumbuhan)
- Pengertian Sistem Hormon Beserta Fungsi dan Bagiannya
- Mekanisme Penghantaran Impuls Saraf (Bagian, Fungsi, Mekanisme)
- Sistem Koordinasi dan Sistem Saraf (Kelompok, Bagian, serta Fungsi)
Demikian istilah-istilah dalam pewarisan sifat yang merupakan dasar memahami tentang jenis dan pewarisan sifat seperti penentuan gamet, jenis persilangan dsb. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Selamat belajar! 
(Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.91-93, foto:hrysainsbiologi.wordpress.com)

0 Response to "Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel