Selasa, 24 November 2015

Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik. Berdasarkan keadaan intinya, sel dibedakan menjadi dua macam, yaitu sel prokariotik dan Eukariotik. Pada sel prokariotik, materi inti (DNA) terdapat dalam nukleoid yang tidak dibatasi oleh membran inti. Contoh sel Prokariotik adalah bakteri dan ganggang biru yang termasuk Monera. Sedangkan pada sel Eukariotik terdapat membran inti, yang memisahkan materi inti (DNA dan protein histon membentuk kromosom) dari sitoplasma. Sel eukariotik dijumpai pada tumbuhan, hewan, cendawan, dan protista.

Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik

Sel Bakteri dibatasi oleh membran plasma. Di dalamnya terdapat nukleoid (DNA) tanpa dibatasi oleh membraninti dan ribosom. Bakteri mempunyai alat gerak berupa flagel. Pada permukaan sel bakteri terdapat pili yang dapat digunakan untuk menempel pada substratnya. Pada bakteri fotosintetik dan ganggang hijau biru terdapat klorofil yang tersebar dalam sitoplasma tanpa membran yang membatasinya dengan bagian sel lainnya. Jadi, sel prokariotik ada yang mempunyai klorofil, tetapi tidak dalam kloroplas.

Sel prokariotik mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil (kurang lebih sepersepuluhnya) dari sel eukariotik. Pada sel tumbuhan, sel hewan, dan sel eukariotik lainnya, selain membran plasma yang membatasi sel dengan lingkungan luarnya, juga terdapat sistem membran dalam (internal) yang membatasi organel-organel di bagian dalam sel dengan sitoplasma.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian, Ciri-Ciri dan Sifat Virus (Peranan Virus dalam Kehidupan)
- Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi
- Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Tumbuhan)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)
- Pengertian dan Faktor-Faktor Seleksi Alam
- Kelangsungan Hidup Organisme (Pengertian, Jenis dan Contoh Adaptasi)
- Jenis, Pengertian dan Contoh Gerak Pada Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Organ Primer Tumbuhan
- Struktur dan Gerak Tubuh Tumbuhan (Jaringan Tumbuhan
Nukleus (inti) dibatasi oleh membran inti sehingga bahan-bahan yang ada didalamnya terpisah dari sitoplasma. Vakuola terpisah dari sitoplasma karena dibatasi oleh membran (tonoplas). Demikian juga pada organel bermembran lainnya yang terpisah satu sama lain sehingga masing-masing organel menyelenggarakan reaksi-reaksi kimia secara terpisah.
(Referensi:RPAL, penulis: Aep Saefulloh, S.Pd.I., Rianto, S.T., Arif Nurjaya, S.T. hal: 77-79)

Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar