-->

Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi

Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi. Bioteknologi adalah pemanfaatan maupun rekayasa organisme atau bagian organisme untuk menghasilkan barang atau jasa untuk kesejahteraan manusia. Bioteknologi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.
Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi

A. BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL
Bioteknologi konvensional merupakan pemanfaatan jasa mikroorganisme untuk mengubah suatu substrat menjadi produk yang bernilai lebih, lewat proses fermentasi. Contoh:
  • Pembuatan tempe dari kedelai oleh Rhizopus sp.
  • Pembuatan tape dari singkong atau ketan oleh Saccharomyces cereviceae
  • Pembuatan kecap dari kedelai oleh Aspergilus wentii
  • Pembuatan oncom dari ampas kedelai oleh Neurospora sp.
  • Dari satu bahan yaitu susu, dapat dihasilkan beberapa produk seperti pembuatan keju oleh bakteri Streptococcus lactis. Pembuatan yogurt oleh bakteri Streptococcus lactis dan Propionibacterium shermanii. Pembuatan mentega oleh bakteri Streptococcus lactis dan Lectonostoceremoris.
B. BIOTEKNOLOGI MODERN
Bioteknologi modern selain memanfaatkan dasar mikrobiologi dan biokimia, juga didasarkan pada rekayasa genetika. Contoh:
  • Produksi Antibiotik. Antibiotik adalah senyawa yang dihasilkan oleh suatu mikroorganisme untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain. Contoh: Penicillium notatum menghasilkan antibiotik penisilin, Cephalosporium menghasilkan antibiotik sefalosporin, Streptomycin aureofaciens menghasilkan antibiotik tetrasiklin.
  • Bioinsektisida. Bioinsektisida merupakan jenis insektisida yang menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) yang sudah di kristalkan. Bakteri ini dapat membunuh larva serangga.
  • Kloning. Kloning adalah teknik perbanyakan individu yang memiliki keturunan secara genetik identik. Kloning pada tanaman dilakukan melalui teknik kultur jaringan yang memanfaatkan sifat totipotensi sel tumbuhan, yakni kemampuan sel tumbuhan untuk berkembang menjadi tumbuhan yang utuh. Kloning pada hewan telah dilakukan pada domba, yakni dengan memasukan inti sel kelenjar susu seekor domba kedalam sel telur doba lain yang telah dibuang inti selnya. Zigot yang dihasilkan selanjutnya berkembang sampai menjadi janin dalam rahim domba pemilik sel telur. Bayi domba terlahir dengan sifat yang secara genetik identik dengan sifat domba pemberi inti sel.
  • Rekayasa Genetika. Teknik rekayasa genetika merupakan teknik pengubahan susunan gen pada organisme untuk memberikan sifat baru yang menguntungkan pada organisme tersebut. Contoh: menyisipkan gen penghasil insulin pada bakteri Escherichia coli sehingga kultur bakteri tersebut digunakan untuk produksi insulin dalam sekala besar.
  • Hibridoma. Hibridoma adalah teknik penggabungan dua sel yang berbeda jenis menjadi satu sel hybrid yang memiliki sifat kedua sel asalnya. Salah satu penerapan hibridoma adalah penggabungan sel limfosit dengan sel kanker yang bertujuan agar sel-sel limfosit dapat diperbanyak dengan waktu yang singkat.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Tumbuhan)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)
- Pengertian dan Faktor-Faktor Seleksi Alam
- Kelangsungan Hidup Organisme (Pengertian, Jenis dan Contoh Adaptasi)
- Jenis, Pengertian dan Contoh Gerak Pada Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Organ Primer Tumbuhan
- Struktur dan Gerak Tubuh Tumbuhan (Jaringan Tumbuhan)
- Pengertian Sistem Hormon Beserta Fungsi dan Bagiannya
- Mekanisme Penghantaran Impuls Saraf (Bagian, Fungsi, Mekanisme)
Demikianlah pengertian, jenis dan contoh dari bioteknologi yang bisa sobat pelajari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat belajar!
(Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.99-100)  

0 Response to "Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel