Selasa, 01 Desember 2015

Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof

Pengertian Autotrof dan Heterotrof. Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dibedakan menjadi bakteri autotrof dan Heterotrof. Berikut ini penjelasan, pengertian serta jenis bakteri Autrotof dan Heterotrof.

BAKTERI AUTOTROF
Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari zat-zat anorganik dan mengubahnya menjadi zat-zat organik. Ada dua macam bakteri autotrof, yaitu bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. Bakteri fotoautotrof adalah bakteri yang menggunakan cahaya sebagai sumber energinya, misalnya bakteri hijau. Bakteri kemoautotrof adalah bakteri yang menggunakan senyawa kimia sebagai sumber energinya, misalnya bakteri belerang, bakteri besi, bakteri nitrogen, dan bakteri nitrat.


BAKTERI HETEROTROF
Bakteri heterotrof adalah bakteri yang tidak dapat mensintesis makanannya sendiri. Bakteri heterotrof dibedakan menjadi bakteri patogen dan saprofit. Bakteri patogen memperoleh makanan dengan cara mengambil senyawa organik kompleks dari makhluk hidup lain, misalnya Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC). Bakteri saprofit memperoleh makanan dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati atau limbah, misalnya bakteri yang hidup di tempat sampah, Escherichia coli.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian dan Macam Gerak pada Tumbuhan
- Pengertian dan Penjelasan Pembelahan Mitosis dan Meiosis
- Pengertian dan Contoh Struktur Sel Prokariotik dan Eukariotik
- Pengertian, Ciri-Ciri dan Sifat Virus (Peranan Virus dalam Kehidupan)
- Pengertian, Jenis dan Contoh Bioteknologi
- Pewarisan Sifat (Istilah-Istilah Dalam Pewarisan Sifat)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Tumbuhan)
- Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)
- Pengertian dan Faktor-Faktor Seleksi Alam
- Kelangsungan Hidup Organisme (Pengertian, Jenis dan Contoh Adaptasi)
Demikian pengertian, jenis serta contoh bakteri autotrof dan bateri heterotrof. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Selamat belajar!

Pengertian, Jenis Serta Contoh Autotrof dan Heterotrof Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar