-->

Ciri-Ciri dan Sifat Bakteri yang perlu kalian Ketahui

Struktur tubuh (anatomi) yang selalu ada pada setiap bakteri antara lain materi genetik, ribosom, plasma sel, dinding sel, membran sel, dan cadangan makanan. Materi genetik adalah struktur nukleoid yang berupa molekul DNA melingkar berisi beribu-ribu gen untuk mengendalikan aktivitas sel bakteri. DNA mengandung seperangkat informasi genetik. Ribosom bakteri berfungsi untuk sintesis protein dan tersusun atas protein dan RNA. Kumpulan ribosom disebut polisom atau poliribosom. Bakteri memiliki dinding sel yang berfungsi memberikan bentuk kaku tubuh bakteri.

Anatomi salah satu jenis bakteri

Dinding sel yang kaku berfungsi mencegah sel membengkak dan pecah akibat tekanan osmosis jika diletakkan pada larutan yang lebih rendah konsentrasinya (hipotonik). Berdasarkan struktur dinding selnya, bakteri dibagi menjadi kelompok bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Membran permukaan sel memiliki sifat permeabel terhadap sebagian glukosa, asam amino, dan gliserol.

Kapsul dan lapisan lendir merupakan struktur tambahan pada bakteri. Kapsul memiliki struktur lebih tebal dan padat dibandingkan lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir memberikan perlindungan tambahan pada bakteri, misalnya pada Streptococcus pneumoniae (penyebab radang paru-paru).

Flagellum merupakan struktur tambahan yang memungkinkan bakteri untuk bergerak (mobil). Gerakannya menyerupai gerak alat pembuka tutup botol (gerak memutar). Flagellum bakteri aerob berguna untuk bergerak menuju tempat yang mengandung oksigen. Adapun flagellum bakteri fotosintesis berguna untuk bergerak menuju ke arah datangnya cahaya.

sumber: RPAL (Aep Saefulloh, S.Pd.I., Rianto, S.T., Arif Nurjaya, S.T.)

0 Response to "Ciri-Ciri dan Sifat Bakteri yang perlu kalian Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel