-->

Peranan Virus dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada umumnya, virus menyebabkan berbagai penyakit pada makhluk hidup. Namun, tidak semua virus merugikan. Beberapa virus sengaja dibudidayakan manusia untuk tujuan tertentu, yaitu meningkatkan kesejahteraan manusia. Beberapa manfaat virus antara lain:

  • Bakteri mengandung profag yang bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit.
  • Untuk membuat interferon dari virus melalui rekayasa genetika.
  • Untuk membuat vaksin (mikroorganisme yang dilemahkan sehingga sifat patogenitasnya hilang, akan tetapi sifat antigenitas tetap).
  • Untuk membuat peta kromosom.

PENGGUNAAN VIRUS UNTUK MEDIS

Teknologi kedokteran telah meng gunakan bakteriofag untuk mengenal dan mengidentifikasikan bakteri patogen. Ketahanan dan kerentanan bakteri terhadap serangan bakteriofag dapat digunakan untuk menentukan galur galur bakteri dalam sistem klasifikasinya. Setiap galur bakteri menunjukkan tipe lisis tertentu apabila terinfeksi oleh tipe fag tertentu pula.

Cara menentukan galur bakteri dengan melihat tipe lisis setelah diinfeksi fag tertentu disebut penentuan tipe fag. Proses penentuan ini secara rutin dipakai untuk mengidentifikasikan bakteri patogen misalnya stafilokokus dan basilus tifoid. Jadi, fag merupakan alat untuk mendiagnosis suatu penyakit dan mengikuti penyebaran penyakit di masyarakat.

Lisogenik pada bakteri merupakan suatu model konseptual untuk menelaah virus onkogenik (virus penyebab kanker) karena virus-virus itu juga mempunyai kemampuan untuk mengekalkan materi genetiknya dalam sel-sel yang terinfeksi.

PENGGUNAAN VIRUS UNTUK MENGUKUR DOSIS RADIASI

Kerentanan fag-fag tertentu terhadap radiasi yang telah diketahui dengan tepat digunakan untuk mengukur dosis radiasi. Hal itu dilakukan dengan cara mencampur fag ke dalam bahan yang akan diradiasi. Dosis radiasi kemudian dapat dihitung dari derajat kerusakan yang dialami oleh bakteriofag itu.

PENGGUNAAN VIRUS UNTUK MEMBASMI HAMA TANAMAN

Dalam bidang pertanian, virus dapat digunakan sebagai biopestisida untuk membasmi hama tanaman budidaya. Misalnya baculovirus apabila disemprot kan pada tanaman budidaya dan ter makan oleh serangga hama membuat serangga hama menjadi sangat rakus dan melakukan perkawinan. Akibatnya, virus itu menyebar ke serangga lain dan menyebabkan kematian massal.




sumber : sumber: RPAL (Aep Saefulloh, S.Pd.I., Rianto, S.T., Arif Nurjaya, S.T.)

0 Response to "Peranan Virus dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel