Minggu, 24 September 2017

Pengertian serta Contoh Metagenesis pada Hewan dan Tumbuhan

Pengertian serta Contoh Metagenesis pada Hewan dan Tumbuhan. Metagenesis adalah pergiliran daur hidup generasi yang bereproduksi secara aseksual (tidak kawin) dan generasi yang berproduksi secara seksual. Pada umumnya kedua generasi ini berbeda morfologinya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai Metagenesis pada Tumbuhan dan Hewan berikut contoh-contohnya secara lengkap.

1. Metagenesis pada Tumbuhan
Peristiwa metagenesis pada tumbuhan dapat dengan jelas dilihat pada tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (Pterydophyta). Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku memiliki generasi seksual (generatif) yang disebut dengan generasi gametofit dan generasi seksual (vegetatif) yang disebut generasi sporofit.
Tumbuhan lumut yang sering kita lihat merupakan generasi gametofit. Sebaliknya tumbuhan paku yang sering kita lihat adalah generasi sporofit. Coba amati pada suplir pada daunnya sering terlihat ada spora-spora terutama pada daun bagian bawah. Pada tumbuhan paku, generasi gametofitnya adalah protalium.


Sebenarnya pada tumbuhan biji juga terjadi metagenesis, yang tampak oleh kita adalah generasi sporofit.Sedangkan generasi gametofit betina berkembang di dalam bakal biji dan masih berhubungan dengan tumbuhan induknya. Perkembangan gametofit jantan dimulai saat terbentuknya mikrospora, setelah itu dilanjutkan dengan penyerbukan.

2. Metagenesis pada Hewan
Pada kelompok hewan tertentu  ada yang mengalami pergiliran generasi, yaitu fase generatif (seksual) dan fase vegetatif (aseksual) secara bergantian. Contoh hewan yang mengalami metagenesis adalah dari filum Cnidaria, misalnya dari kelas Hydrozoa sebagai contoh hewannya adalah Hidra (Hydra), Obelia serta dari kelas Scyphozoa contoh hewannya adalah ubur-ubur. Hewan-hewan ini memiliki dua fase dalam daur hidupnya, yaitu polip dan medusa. Medusa merupakan fase seksual (generatif) dan polip merupakan fase aseksual.

Demikian pengertian serta contoh Metagensis pada Hewan dan tumbuhan yang bisa anda pelajari, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Pengertian serta Contoh Metagenesis pada Hewan dan Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar dan Berbagi

0 komentar:

Posting Komentar