Sabtu, 19 Agustus 2017

Pengertian dan Jenis Metamorfosis Pada Katak dan Serangga

Pengertian dan Jenis Metamorfosis Pada Katak dan Serangga. Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh atau susunan tubuh yang dialami oleh hewan dari tahap larva hingga menjadi bentuk dewasa, contohnya terjadi pada serangga dan katak.

1. Metamorfosis pada Serangga, selama hidupnya serangga mengalami beberapa kali perubahan bentuk, dari telur hingga dewasa. Ada dua macam metamorfosis, yaitu metamorfosis tak sempurna dan metamorfosis sempurna.

- Metamorfosis Tak Sempurna
Telur menetas menjadi hewan muda, selanjutnya tumbuh dan berkembang menjadi hewan dewasa. Hewan muda tersebut dikenal juga dengan istilah nimfa sedangkan hewan dewasa disebut dengan imago. Hewan muda mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dan memiliki perbandingan tubuh yang berbeda. Hewan itu akan mengalami serangkaian pergantian kulit atau molting (ecdysis), setiap kali setelah ganti kulit hewan tersebut lebih mirip hewan dewasa, sampai hewan tersebut mencapai ukuran penuh. Contoh serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang dan jangkrik.

Telur ----> hewan muda (nimfa) ----> hewan dewasa (imago)

- Metamorfosis Sempurna
telur yang menetas menjadi larva selanjutnya akan berkembang menjadi pupa dan akhirnya berkembang menjadi hewan dewasa. Jadi terdapat perbedaan bentuk yang nyata antara bentuk larva dan dewasa (imago). Larva disini dikhususkan untuk makan dan tumbuh yang dikenal dengan nama seperti belatung, tempayak atau ulat. Contohnya pada lalat, nyamuk, kupu-kupu dan lebah madu.

Artikel IPA Biologi Lainnya:
Pengertian Metagenesis Tumbuhan dan Hewan
Pengertian dan Fungsi Kloroplas
Struktur dan Fungsi Daun
Pembagian Dunia Organisme Menurut Robert H. Whittaker
Pengertian Transportasi Zat dan Berkas Pembuluh
Sistem Pernapasan Pada Manusia
Pengertian dan Fungsi Kelenjar Limfe Pada Tubuh
Struktur dan Susunan Anatomi Akar Tumbuhan
Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Bagi Bayi
Sistem Peredaran Getah Bening (Limfe)

Berikut ini metamorfosis sempurna pada lalat


Telur ----> Larva (ulat) ----> kepompong (pupa) -----> hewan dewasa (imago)

2. Metamorfosis pada Katak, Pertumbuhan dan perkembangan katak diawali dengan dibuahinya sel telur oleh spermatozoa. Pembuahan (fertilisasi) terjadi secara eksternal artinya di luar tubuh katak betinanya. Setelah terjadi fertilisasi, sel telur kemudian menjadi zigot dan zigot akan berkembang menjadi embrio melalui beberapa tahapan, yaitu morula, blastula dan gastrula. Morula terbentuk 3-7 jam setelah pembuahan sedangkan blastula terbentuk 34 jam setelah pembuahan. adanya ekor kira-kira 84 jam setelah pembuahan. Setelah kurang lebih enam hari embrio menetas menjadi kecebong atau berudu.

Kecebong atau berudu bernapas dengan menggunakan insang.tungkai belakang tampak setelah berumur dua sampai tiga bulan. Setelah berudu berumur kurang lebih tiga bulan atau lebih tergantung jenis dan spesiesnya dan lingkungan yang sesuai maka kecebong akan mengalami metamorfosis menjadi katak. Selanjutnya yaitu paru-paru mulai tumbuh dan berkembang, insang mengalami kemunduran dan usus menjadi lebih pendek. Setelah berumur satu tahun atau lebih katak menjadi dewasa, Dewasa di sini berarti organ reproduksinya telah berkembang dan dapat melakukan reproduksi.

Pengertian dan Jenis Metamorfosis Pada Katak dan Serangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar dan Berbagi

0 komentar:

Posting Komentar