-->

Macam dan Pengertian Manusia Purba Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Homo
Homo adalah Genus dari Kera besar yang terdiri dari manusia modern dan kerabat dekatnya. Genus ini diperkirakan berusia sekitar 2,3-2,4 juta tahun, kemungkinan berevolusi daru leluhur australopithecine, dengan munculnya Homo habilis. Secara spesifik, Homo habilis diasumsikan sebagai turunan langsung dari Australopithecine garhi yang hidup sekitar 2,5 juta tahun lalu. Namun pada Mei 2010 Homo gautengensiss ditemukan, spesies yang dipercaya lebih tua dari Homo habilis.
Macam dan Pengertian Manusia Purba Yang Perlu Anda Ketahui

Homo antecessor
Spesies homonin yang telah punah. Spesies ini diduga hidup 1,2 juta hingga 800.000 tahun yang lalu. Fosil spesies ini pertama kali ditemukan oleh Eudald Carbonell, J.L. Arsuge dan J.M. Bermudez de Castro.

Homo bataviensis
Sebutan bagi orang Eropa di Batavia yang menikahi wanita pribumi dan keturunannya sehingga mereka kehilangan ciri khas Eropanya dan mengambil berbagai aspek gaya hidup pribumi tanpa menyerap budaya pribumi secara benar. Istilah Homo Bataviensis" dikenalkan oleh De Haan (Oud Batavia, 1935) dan dikutip oleh Bernard HM Vlekke.

Homo cepranensis
Nama yang diusulkan untuk spesies homonin yang ditemukan pada tahun 1994. Fosilnya ditemukan oleh Arkeolog Italo Biddittu dan dijuluki " Manusia Ceprano". Nama ceprano berasal dari kota terdekat di propinsi Frosinone, 85 kilometer sebelah tenggara Roma, Italia.

Homo erectus
Spesies yang telah punah dari genus Homo. Pakar anatomi Belanda Eugene Dubois (1980-an) pertama kali menggambarkannya sebagai Pithecanthropus erectus berdasarkan fosil tempurung kepala dan tulang paha yang ditemukannyadi Trinil, Jawa Tengah. Sepanjang abad 20, antropolog berdebat tentang peranan H. Erectus dalam rantai evolusi manusia. Pada awal abad itu, setelah ditemukannya fosil di Jawa dan Zhoukoudian, para ilmuwan mempercayai bahwa manusia modern berevolusi di Asia. Hal ini bertentangan dengan teori Charles Darwin yang mengatakan bahwa manusia modern berasal dari Afrika. Namun, pada tahun 1950-an dan 1970-an, beberapa fosil yang ditemukan di Kenya, Afrika Timur, ternyata menunjukan bahwa homonins memang berasal dari benua Afrika. Sampai saat ini para ilmuwan mempercayai bahwa H. Erectus adalah keturunan dari makhluk mirip manusia era awal seperti Austrolopthecus dan keturunan spesies Homo awal seperti Homo Habilis. H. erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi selama masa Pleistocene awal sekitar 2,0 juta tahun yang lalu dan terus menyebar ke seluruh dunia lama hingga mencapai Asia Tenggara. Tulang-tulang yang diperkirakan berumur 1,8 dan 1,0 juta tahun telah ditemukan di Afrika, Eropa (Georgia), Indonesia (Sangiran, Trinil, Sambungmacan, dan Ngandong; semuanya di tepi Bengawan Solo), dan Tiongkok (Shaanxi). H. Erectus menjadi homonin terpenting mengingat bahwa spesies inilah yang pertama kali meninggalkan benua Afrika.

Homo Ergaster
Spesies homonin yang telah punah yang hidup di Afrika timur dan selatan antara 1.9 hingga 1.4 juta tahun yang lalu pada era Pleistosen dan pendinginan iklim global. Homo ergaster kadang-kadang dikategorikan sebagai subspesies dari Homo erectus.

Demikian macam dan pengertian manusia purba, sebetulnya masih banyak lagi jenis manusia purba di Dunia, akan tetapi saya tidak bisa menulis semuanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Selamat belajar!

0 Response to "Macam dan Pengertian Manusia Purba Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel