-->

Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Suatu zat dapat dikatakan sebagai makhluk hidup apabila memiliki ciri-ciri berikut ini:

a. Respirasi (Bernapas)
Respirasi atau bernapas adalah proses pengambilan oksigen dari lingkungan untuk dipakai pada reaksi pembakaran dalam tubuh guna memperoleh energi, serta membuang sisa reaksi berupa karbondioksida dan air ke lingkungan.

b. Iritabilitas (Menanggapi Rangsang)
Iritabilitas adalah  kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang baik dari luar maupun dari dalam  tubuhnya sendiri. Kemampuan iritabilitas disebabkan karena makhluk hidup  memiliki reseptor (saraf penerima rangsang). Contoh iritabilitas: daun putri malu yang mengatup saat terkena sentuhan.
Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup
c. Reproduksi (Berkembang Biak)
makhluk hidup berkembang biak untuk menurunkan sifat pada keturunannya sehingga kelestarian jenisnya terjaga dan tidak punah. Proses reproduksi makhluk hidup terbagi menjadi dua yaitu reproduksi secara generatif (kawin) dan vegetatif (tidak kawin).

d. Tumbuh dan Berkembang
Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran tubuh dari kecil menjadi besar karena jumlah dan volume sel bertambah. Perkembangan adalah perubahan makhluk hidup menuju kedewasaan melalui pematangan fungsi organ-organ tubuhnya. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam perjalanan hidupnya sampai jangka waktu tertentu dan kemudian mengalami kematian pada usia tertentu.

e. Membutuhkan Makanan
Untuk hidup dan berkembang, makhluk hidup membutuhkan nutrisi yang didapat dari asupan makanan. Berdasarkan pemenuhan kebutuhan makanannya, makhluk hidup dikelompokan menjadi dua, yaitu:
  • Autotrof adalah makhluk hidup yang pemenuhan kebutuhan makanannya didapat dengan cara mereproduksi makanannya sendiri. Contoh Autotrof yaitu semua tumbuhan yang mempunyai klorofil (zat hijau daun).
  • Heterotrof adalah makhluk hidup yang pemenuhan kebutuhan makanannya didapat dengan cara mengambil cadangan makanan dari organisme lain. Contoh Heterotrof adalah hewan, jamur, dan tumbuhan yang tidak berklorofil.
f. Beradaptasi
Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam rangka mempertahankan kelestarian jenisnya agar tidak punah.\

g. Ekskresi
Ekskresi adalah proses pembuangan sisa-sisa metabolisme pada tubuh makhluk hidup yang biasanya bersifat racun.

Demikian Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup serta pengelompokan makhluk hidup berdasarkan pemenuhan kebutuhan makanannya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.
  • Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.3-4

0 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel