-->

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup (Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus)

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup (Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus). Klasifikasi Makhluk Hidup adalah teknik mengelompokan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut. Klasifikasi Makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah pemahaman dalam mempelajari dan mengenal setiap jenis makhluk hidup. Salah satu sistem klasifikasi makhluk hidup yang terkenal adalah Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus.

Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus
Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus adalah Carrolus Linnaeus membuat tingkatan sistem klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri (identitas) dan pemberian nama dengan sistem tata nama ganda. Urutan sistem klasifikasi (takson)-nya yaitu:

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup (Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus)

Pemberian nama pada makhluk hidup diusulkan oleh Carrolus Linnaeus dengan memakai sistem tata nama ganda (binominal nomenclature). Beberapa aturan penulisan nama ilmiah yaitu:
  • kata pertama menunjukan genus, penulisannya dimulai dengan huruf besar. Sedangkan, kata kedua menunjukan spesies dan penulisannya dimulai dengan huruf kecil
  • Jika ditulis tangan, kedua bagian nama tersebut digarisbawahi, tetapi jika diketik (komputer) penulisannya dimiringkan.
  • Apabila terdapat penulisan nama ilmiah dengan tiga kata, umumnya kata ketiga tersebut menunjukan varietas. Contoh: Oryza sativa Var.IR64
Demikianlah ulusan singkat klasifikasi makhluk hidup beserta sistem klasifikasi Carrolus Linnaeus semoga dapat dipahami dan dimengerti.
  • Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.4

0 Response to "Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup (Sistem Klasifikasi Carrolus Linnaeus)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel