Budidaya Vanili Omset Jutaan Rupiah

Jika kalian sering dan atau suka membuat makanan,tentu tidak asing lagi dengan sosok yang bernama vanili. Ya vanili sering digunakan untuk campuran untuk membuat makanan dan minuman. Vanili disebut juga dengan istilah "emas hijau" karena harganya yang sangat mahal. per kilo nya saja sampai jutaan rupiah. Penasaran kan akan sosok vanili ini dan seperti apa sih bentuk dan pohonnya? ya nanti kita akan bahas lebih dalam tentang budidaya vanili yang beromset puluhan juta rupiah.

Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan vanili ini karena dari segi ekonomis mempunyai nilai yang tinggi. Budidaya vanili tentunya ada teknik-teknik khusus yang perlu kalian kuasai terutama kondisi lingkungan, cara menanam dan kalian juga bisa belajar pada ahlinya yang sukses dalam budidaya vanili. Kompetitor dalam budidaya vanili masih tergolong sedikit, permintaan pasar terus terbuka lebar makanya vanili masih terbilang sangat mahal untuk soal harga sehingga budidaya vanili sangat berpeluang meraup pundi-pundi rupiah.
Tips Budidaya Vanili
Pohon Vanili
 Vanili termasuk golongan rempah-rempah yang ada di Indonesia, dahulu kala rempah-rempah kita selalu diminati oleh bangsa eropa. Maka dari itu banggalah kita kepada Indonesia penghasil rempah-rempah terbesar di Dunia. Jangan salah, vanili Indonesia masih diakui oleh Dunia mengalahkan negara asal vanili itu berada yaitu perneli atau panili di Meksiko. Karena di Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa, menjadikan kualitas dikagumi dunia. Dan saking bagusnya kualitas vanili di Indonesia, bangsa eropa sampai-sampai menjuluki vanili Indonesia sebagai "Java Vanilla Beans" yang berarti "Polong Vanili Jawa" walaupun Vanili Indonesia tidak semua berasal dari Jawa.

Ciri-Ciri dan Asal Vanili
Vanili dengan nama latin (Vanilla planifolia) adalah buah berbentuk polong yang menghasilkan bubuk yang digunakan sebagai campuran makanan dan minuman sebagai pengharum. Vanili berasal dari Meksiko didaerah yang bernama Panili atau Perneli. Ciri-ciri tanaman vanili adalah tumbuhan melekat pada pohon, batang kira-kira berdiameter 1-2 cm berwarna hijau, terdapat ruas dan berbuku.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan panjang 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak harum. Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut bibir (rostelum).
Tips Budidaya Vanili Ber Omset Jutaan

Manfaat Vanili Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Jantung
Vanili mengandung zat yang bernama Vanillin yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke, karena kolesterol rendah dapat mencegah aterosklerosis, pembengkakan di arteri, dan pembekuan darah.

2. Mencegah Jerawat
Manfaat vanili yang lainnya adalah mampu menghilangkan infeksi, mempercepat penyembuhan kulit, karena sifat antibakteri di vanili ini makan juga bisa untuk mencegah jerawat.

3. Memperkuat Rambut
Selain digunakan sebagai campuran makanan dan minuman,vanili juga dapat digunakan sebagi campuran produk kesehatan dan kecantikan. Seperti minyak esensial vanili yang mampu mencegah dan menghambat rambut yang sering rontok

4. Mencegah Kanker
kandungan ekstrak vanili juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk tubuh. Terutama kandungan vanilin yang sangat ampuh mencegah efek radikal bebas seperti kanker dan penyakit kronis lainnya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Budidaya Vanili?
Pengalaman memang menjadi guru yang terbaik, jika kalian ingin budidaya vanili, mulailah dengan menanam dilahan kecil atau pekarangan rumah terlebih dahulu. Nah dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara merawat tanaman vanili hingga siap dipanen, bagaimana cara merawatnya, bagaimana cara pemupukannya dan lain sebagainya. Jika dirasa sudah mahir menanam dipekarangan rumah atau lahan kecil, kalian bisa mulai mencoba menanam dikebun yang luas. Dari sinilah awal budidaya vanili menjadikan ladang pundi-pundi rupiah dengan omset puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Budidaya vanili masih jarang kita temui, bahkan pangsa pasar masih terbuka lebar karena kebutuhan vanili untuk campuran produksi juga meningkat. Darisinilah kesempatan untuk membangun bisnis pertanian yang menguntungkan dan tidak pernah surut. Konsumen budidaya vanili memang tidaklah sulit, konsumen budidaya vanili cukup besar mulai dari pelaku bisnis yang membutuhkan bahan vanili dalam bahan baku pembuatannya.
Hasil Panen Vanili Siap Jual
Hasil Panen Vanili Siap Jual

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai budidaya vanili adalah pengadaan bibit vanili, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, golok dan sabit, keranjang panen vanili, timbangan, timba, pompa air, hand sprayer, selang air dan gunting. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya vanili makin maksimal.

Dalam berjualan budidaya vanili, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsun ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan vanili ke pelaku bisnis produk yang menggunakan bahan ini.Patokan harga untuk budidaya vanili dapat Anda buat dalam hitungan per ons dimana harga mulai Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Ini tergantung dari harga vanili yang ada di pasaran. Untuk di wilayah jawa barat sendiri, harga vanili jenis Planifolia kering adalah 3.500.000-5.400.000/kg.

Demikian artikel tentang budidaya vanili yang menguntungkan, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang mencari solusi bisnis alternatif di bidang pertanian.

Sumber: Kaskus / zano711

0 Response to "Budidaya Vanili Omset Jutaan Rupiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel