6 Tips Membeli Laptop Gaming Untuk Pemula

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kalian membeli laptop gaming, apalagi game sekarang menuntut spesifikasi yang mumpuni agar grafis yang ditampilkan sempurna. Sebenarnya dalam khasus ini yang perlu kalian perhatikan saat membeli  laptop gaming adalah Prosesor, Ram dan grafis sementara itu untuk merek kita masih dapat memilih sesuai selera kita.
6 Tips Membeli Laptop Gaming Untuk Pemula
6 Tips Membeli Laptop Gaming Untuk Pemula

Beberapa Game PC sekarang ini mengandalkan kekuatan di Prosesor, RAM dan kartu grafis, karena game sekarang sudah berkualitas 3D. Mau tidak mau harus merogoh kocek yang lumayan besar untuk membeli laptop gaming yang berkualitas. Nah tips berikut ini bisa membantu kalian bagaimana sih tips memilih dan membeli laptop gaming agar sesuai dengan kebutuhan kita serta lancar ketika menjalankan game.

1. Prosesor
Kita tahu bahwa prosesor merupakan otak dibalik laptop atau komputer  yang kita pakai. Ada dua jenis prosesor yaitu intel dan AMD, saran saja jika memilih salah satu dari kedua prosesor tersebut saya lebih suka menggunakan Intel, karena Intel memiliki keunggulan yaitu performa yang stabil dan tidak cepat panas. Tapi sebenarnya AMD juga tidak jauh beda dengan Intel, AMD harganya  lebih murah ketimbang intel. Prosesor intel memiliki dua versi yaitu yang pertama versi M yang digunakan untuk mobile dan yang kedua versi U yaitu untuk ULV. Untuk laptop gaming biasanya menggunakan versi M dan U untuk laptop intel berkebutuhan ringan. Jika memilih laptop gaming, pilihlah prosesor i5 atau i7 atau diatasnya,dan jika kalian memilih prosesor AMD carilah AMD seri A8, A10 dan FX. Cek kecepatan prosesornya yaitu biasanya dengan ukuran GHz, semakin tinggi kecepatan prosesornya semakin cepat kinerja laptop tersebut.


2. VGA / Kartu Grafis
Jika kalian ingin bermain game berkualitas tinggi, poin ini wajib dipenuhi.  Seringnya  VGA atau Graphic Card dengan merk  NVIDIA atau AMD yang banyak di pasaran dan banyak pemakainya. Pengaruh VGA saat bermain game sangatlah tinggi. Sebaiknya kalian baca-baca dulu, review di sosial media atau Youtube spesifikasi laptop gaming dibagian VGA atau kartu grafis yang kalian mau beli.

3. RAM ( Random Access Memory )
RAM juga tidak kalah penting dalam spesifikasi laptop gaming. Sebaiknya pilih RAM dengan kapasitas yang besar contoh 4GB keatas, RAM adalah tempat penyimpanan sementara pada saat kita membuka aplikasi seperti game, jadi RAM dengan kapasitas besar akan lebih leluasa tempat penyimpanannya sehingga laptop gaming menjadi lebih cepat dan berperforma. Jangan lupa untuk mencari tahu apakah laptop yang akan kita beli bisa di upgrade RAM? Karena disaat RAM kita sudah full atau kurang maksimal, kita bisa upgrade ke RAM yang lebih tinggi.

4. Penyimpanan ( Hardisk )
Beberapa game saat ini membutuhkan tempat penyimpanan internal yang cukup besar, apalagi game 3D bisa sampai ukuran 1 GB keatas, untuk itu ruang penyimpanan harus besar agar dapat menyimpan game dengan ukutan yang besar. Karena di laptop, kita juga tidak bisa meng-upgrad atau menambah hardisk, maka dari itu carilah penyimpanan/hardisk yang berukuran besar agar kita tidak repot untuk mengganti hardisk ketika sudah penuh. Teknologi ruang penyimpanan internal saat ini ada model terbaru yaitu SSD, jika kalian membeli laptop yang penyimpanan internalnya menggunakan SSD dijamin laptop gaming kalian tambah mantap.

5. Ukuran dan Resolusi Layar
Ini dia media output hasil keluaran dari perangkat diatas yaitu ukuran dan resolusi layar. Resolusi layar sangat berpengaruh pada saat kita memainkan game. Untuk ukuran standar layar biasanya 15,6 inch. Akan tetapi itu juga tergantung selera masing-masing karena ada juga yang suka dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya laptop sekarang sudah menggunakan LED yaitu teknologi yang lebih tinggi dari LCD.

6. Daya Tahan Baterai
Pilihlah kapasitas baterai yang besar, karena bermain game membutuhkan performa yang tinggi, semakin kinerja perangkat keras tinggi, asupan daya baterai nya juga semakin tinggi sehingga baterai sangat cepat boros. Jadi sebelum membeli laptop gaming cek pada spesifikasi ukuran baterainya.

Demikian tadi 6 poin penting cara memilih laptop gaming yang mungkin bisa menjadikan referensi untuk kalian. Dan yang paling penting adalah pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

0 Response to "6 Tips Membeli Laptop Gaming Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel