Selasa, 26 September 2017

Fungsi Kloroplas serta Pengertian dan Bagaimana Strukturnya

Fungsi Kloroplas serta Pengertian dan Bagaimana Strukturnya. Kloroplas atau Chloroplast adalah sebuah plastid yang mengandung klorofil, dan digunakan sebagai tempat berlansungnya fotosintesis. Kloroplas adalah organel sel yang memiliki membran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Devinisi lain pengertian dari kloroplas adalah organel sel yang berbentuk semangka mempunyai membran pembungkus ganda untuk melindungi stroma dan cairan stroma, dan berukuran kira-kira 2-4 mm kali 4-7 mm, Stroma dipisahkan oleh sistem halus yang berupa membran tilakoid yang saling tehubung memisahkan stroma dan ruang lain.


Adapun pengertian kloroplas adalah plastida yang berwarna hijau yang mengandung pigmen yang dibsebut klorofil. Berbentuk lensa atau butir dan pipih yang dapat dilihat dengan mikroskop dengan cahaya perbesaran yang paling kuat. Pada tumbuhan tingkat tinggi kloroplas berbentuk lonjong, sedangkan pada tingkat rendah berbentuk agak kebulatan.

Struktur kloroplas terdri dari beberapa macam yaitu:
  • Membran luar: berfungsi mengatur keluar masuknya zat.
  • Ruang Antarmembran: berfungsi sebagai ruangan yang memisah antara membran luar dan membran dalam, terbalnya kira-kira 10 nm.
  • Membran Dalam: berfungsi sebagai penghalang antara sitosol dan stroma.
  • Tilakoid: berfungsi sebagai tempat reaksi terang, berperan untuk menangkap energi cahaya matahari.
  • Stroma: membran bagian dalam yang membungkus cairan kloroplas, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi gelap.
  • Granum: kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam.
  • DNA Plastida: adalah gen pembawa sifat pada plastida berfungsi untuk replikasi kloroplas atau pembelahan sel kloroplas.
  • Ribosom: berfungsi sebagai sintesis protein. (Pengertian Ribosom, Struktur dan Fungsi Ribosom)
  • Plastoglobula: adalah senyawa kimiawi yang terkandung didalam kloroplas, senyawa ini merupakan lipid berbentuk globul.
  • Pati: adalah hasil dari fotosintesis yang disimpan dalam bentuk amilum (pati).
Fungsi utama kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Fotosintesis adalah reaksi oembentukan ATP dan meibatkan transpor hidrogen dan elektron dalam senyawa-senyawa seeperti NADH dan sitokrom.

Fungsi Karotenoid adalah sebagai berikut :
  • Melindungi klorofil dari fotooksidasi pada penyinaran yang terlalu kuat
  • Membantu klorofil menangkap dan mentransfer eneri cahaya.
Fotosintesi ini akan mengubah karbon dioksida menjadi gula, yakni sumber energi kimia dan makanan bagi tumbuhan. Fotosintesi menggunakan cahaya sebagai sumber energi, menggunakan CO2 dan air yang akan menghasilman oksigen dan karbohidrat.

Rekasi fotosintesis dapat di rangkum sebagai berikut:

6CO2 + 12H2O + energi cahaya > C6H12O6 + 6O2 + 6H2O

Penangkapan energi cahaya dan pengubahan menjadi energi kimia terjadi di grana dan fiksasi CO2 terjadi di stroma. Didalam kloroplas terdapat enzim yang diperlukan pada reaksi kimia fotosintesis serta terdapat pigmen berkelompok membentuk satuan-satuan yang dinamakan fotosistem. Setiap kloroplas selalu mempunyai dua fotosistem yang bekerja sama dalam penangkapan energi cahaya. Satuan terkecil kelompok molekul pigmen yang bekerja sama dalam penangkapan energi cahaya sehingga dihasilkan efek fotokimia disebut dengan unit fotosintetik

Fungsi Kloroplas serta Pengertian dan Bagaimana Strukturnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar dan Berbagi

0 komentar:

Posting Komentar