-->

Macam-Macam Kecerdasan Dasar Menurut Howard Gardner

Macam-Macam Kecerdasan Menurut Howard Gardner. Seorang psikolog yang bernama Howard Gardner mengemukakan teori tentang kecerdasan. Teorinya dikenal dengan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Berdasarkan teorinya, psikolog tersebut mengemukakan bahwa lingkup kemampuan manusia terdiri dari delapan kecerdasan dasar, yaitu:

1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan (misalnya pendongeng, orator, dan politisi) maupun tertulis (misalnya sastrawan, penulis drama, editor, dan wartawan).

2. Kecerdasan Matematis-Logis
Kecerdasan Matematis-Logis adalah kemampuan menggunakan angka dengan baik (misalnya ahli matematika, akuntan pajak, dan ahli statistik) dan melakukan penalaran yang benar (misalnya ilmuwan, pemrogram komputer dan ahli logika).

3. Kecerdasan Spasial
Kecerdasan Spasial adalah kemampuan memiliki persepsi dunia spasial-visual secara akurat (misalnya sebagai pemburu, pramuka, dan pemandu) dan menstransformasikan persepsi dunia spasial-visual tersebut (misalnya dekorator interior, arsitek, seniman, dan penemu)

4. Kecerdasan Kinestetis-Jasmani
Kecerdasan kinestetis-jasmani adalah keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan (misalnya sebagai aktor, pemain pantomim, atlet, dan penari) dan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu (misalnya perajin, pematung, ahli mekanik, dan dokter bedah).

5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan Musikal adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara memersepsi (misalnya penikmat musik), membedakan (misalnya kritikus musik), mengubah (misalnya komposer), dan mengekspresikan (misalnya penyanyi).

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, dan perasaan orang lain.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut.

8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan Naturalis adalah keahlian mengenali dan mengategorikan spesies (flora dan fauna) di lingkungan sekitar.

Teori kecerdasan majemuk ini kemudian dikembangkan oleh Thomas Armstrong yang menerangkan teori tersebut pada dunia pendidikan khususnya sekolah. Menurutnya, ada 3 poin kunci dalam teori kecerdasan majemuk, yaitu:
  • Setiap orang memiliki delapan kecerdasan. Kedelapan kecerdasan itu berfungsi bersamaan dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orang.
  • Setiap orang dapat mengembangkan setiap kecerdasan sampai pada tingkat penguasaan yang memadai, apabila ia memperoleh cukup dukungan, pengayaan dan pengajaran.
  • Kecerdasan-kecerdasan umumnya bekerja bersamaan dengan cara yang kompleks. Tidak ada kecerdasan yang berdiri sendiri dalam kehidupan sehari-sehari (kecuali mungkin untuk kasus yang amat langka, misalnya orang yang mengalami cedera otak).
Artikel PKn Lainnya:
- Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia  
- Syarat dan Ketentuan Kewarganegaraan Indonesia  
- Pengertian Penduduk, Warga Negara dan Asas Kewarganegaraan  
- Negara dan Warga Negara (Pengertian, Sifat, Unsur, Tujuan dan Fungsi Negara)

Demikian 8 macam kecerdasan menurut psikolog Howard Gardner serta pengertian dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Selamat belajar!

0 Response to "Macam-Macam Kecerdasan Dasar Menurut Howard Gardner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel