-->

Kesesuaian Dinamika Globalisasi dengan Nilai-Nilai Pancasila

Kesesuaian Dinamika Globalisasi dengan Nilai-Nilai Pancasila. Globalisasi adalah proses yang terjadi antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara yang saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan saling memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Dengan globalisasi tampak masyarakat cenderung untuk menyatu dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi melampaui batas-batas kebangsaan dan kenegaraan. Selain itu, globalisasi juga merangkum segala aspek kehidupan, seperti politik, sosial, dan ekonomi yang dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia di dunia.
Kesesuaian Dinamika Globalisasi dengan Nilai-Nilai Pancasila

Agar sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, maka kita harus dapat meninjau globalisasi dari sudut pandang ideologi kita, Pancasila. Nilai-nilai Pancasila apa yang berkesesuaian dengan dinamika globalisasi.

1. Sila Ketuhanan yang Maha Esa
Percaya dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Di samping memiliki dampak positif, banyak dampak negatif dan globalisasi. Untuk menangkal  dan membentengi diri dari dampak negatif tersebut, perlu penguatan iman dan taqwa kita kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Sila Kemanusiaan yang adil dan Beradab
a. Saling mencintai sesama manusia, dengan saling mencintai sesama manusia, kita tidak terjebak ke dalam sikap individualistis.
b. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepo seliro, dampak buruk globalisasi juga dapat kita tangkal dengan mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepo siliro terhadap sesama manusia.

3. Sila Persatuan Indonesia
a. Cinta tanah air dan bangsa
b. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia, dengan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, serta bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia, kita hadapi arus globalisasi sehingga tidak sampai menggerus rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Liberalisasi perdagangan sebagai dampak globalisasi, kita lawan dengan mencintai produksi dalam negeri. Semangat cinta tanah air dan bangsa harus terus kita gelorakan di dalam dada setiap warga bangsa Indonesia

4. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan /Perwakilan
Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Segala keputusan yang akan diambil oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi derasnya arus globalisasi, harus mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan yang lain.

5. Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
a. Tidak bersikap boros
b. Tidak Bergaya hidup mewah
c. Suka bekerja keras

Globalisasi juga mendorong masyarakat menjadi konsumtif, karena begitu derasnya iklan di media masa yang sangat menarik. Hal ini harus kita tangkal juga dengan sikap tidak boros, tidak bergaya hidup mewah, dan suka bekerja keras.

Artikel PKn Lainnya:
- Dampak Globalisasi bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
- Pelaksanaan, Istilah, dan Pengertian Dalam Otonomi Daerah
- Macam-Macam Kecerdasan Dasar Menurut Howard Gardner
- Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia  
- Syarat dan Ketentuan Kewarganegaraan Indonesia  
- Pengertian Penduduk, Warga Negara dan Asas Kewarganegaraan  
- Negara dan Warga Negara (Pengertian, Sifat, Unsur, Tujuan dan Fungsi Negara)
Demikian ulasan singkat tentang kesesuaian dinamika globalisasi dengan nilai-nilai Pancasila, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Selamat belajar!

0 Response to "Kesesuaian Dinamika Globalisasi dengan Nilai-Nilai Pancasila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel