Minggu, 11 Oktober 2015

Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)

Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan). Secara umum, perkembangbiakan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu generatif (kawin) dan Vegetatif (tidak kawin). Yang dimaksud dengan generatif (kawin) adalah perkembangbiakan yang dilakukan melalui proses bertemunya gamet betina (sel telur) dan gamet jantan (sel sperma). Sedangkan yang dimaksud dengan Vegetatif (tidak kawin) adalah cara perkembangbiakan dimana individu baru dihasilkan dari salah satu bagian tubuh induknya.

Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan)
PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN
Terdapat dua cara perkembangbiakan pada hewan, yaitu:
1. Generatif (kawin)
Perkembangbiakan generatif umumnya terjadi pada hewan tingkat tinggi. Dimana dalam perkembangan generatif terjadi peleburan sel gamet jantan (sel spermatozoid) dengan sel gamet betina (sel ovum). Berdasarkan tempat terjadinya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Pembuahan luar (fertilisasi eksternal), yaitu peleburan sel telur dengan sel sperma yang berlangsung di luar tubuh induknya. Contoh: ikan dan katak.
  • Pembuahan dalam (fertilisasi internal), yaitu peleburan sel telur dengan sel sperma yang terjadi didalam tubuh induk. Contoh: burung, reptilia, dan mamalia.
Berdasarkan caranya, perkembangbiakan hewan terbagi atas:
  • Ovipar, yaitu perkembangbiakan hewan dengan menghasilkan telur yang didalamnya terdapat calon anak/embrio. Contoh: burung (unggas), amfibi, serangga, dan ikan.
  • Vivipar, yaitu perkembangbiakan hewan dimana induk melahirkan dan menyusui anaknya. Contoh: pada semua hewan mamalia, seperti pesut, singa, lumba-lumba, sapi, kambing, dan lain-lain.
  • Ovovivipar, yaitu perkembangbiakan hewan dimana embrio tumbuh di dalam telur dan juga menetas didalam tubuh induknya. Contoh: platypus, paus biru, ikan pari, dan beberapa jensi ular.
2. Vegetatif (tidak kawin)
Perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
  • Membelah diri, yaitu cara perkembangbiakan pada hewan bersel satu yang dapat menggandakan dirinya. Contoh: Amoeba dan paramaecium.
  • Bertunas, yang merupakan tonjolan dari suatu tubuh makhluk hidup dan akan menjadi individu baru. Contoh: Hydra dan anemon laut.
  • Fragmentasi, yaitu cara perkembangbiakan yang menghasilkan individu baru apabila bagian tubuhnya terpotong. Contoh: cacing planaria.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian dan Faktor-Faktor Seleksi Alam
- Kelangsungan Hidup Organisme (Pengertian, Jenis dan Contoh Adaptasi)
- Jenis, Pengertian dan Contoh Gerak Pada Tumbuhan
- Jenis dan Fungsi Organ Primer Tumbuhan
- Struktur dan Gerak Tubuh Tumbuhan (Jaringan Tumbuhan)
- Pengertian Sistem Hormon Beserta Fungsi dan Bagiannya
- Mekanisme Penghantaran Impuls Saraf (Bagian, Fungsi, Mekanisme)
- Sistem Koordinasi dan Sistem Saraf (Kelompok, Bagian, serta Fungsi)
- Pembentukan Sel Kelamin dan Fertilisasi Perkembangan Embrio
- Pengertian Sistem Reproduksi (Organ Reproduksi Manusia)

Demikian ulasan singkat mengenai perkembangbiakan pada hewan disertai dengan contoh-contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Selamat belajar!
(Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.85-86) 

Berkembang Biak (Perkembangbiakan Pada Hewan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar