Senin, 28 September 2015

Pembentukan Sel Kelamin dan Fertilisasi Perkembangan Embrio

Pembentukan Sel Kelamin dan Fertilisasi Perkembangan Embrio. Proses pembentukan sel kelamin disebut gametogenesis yang terdiri atas spermatogenesis dan oogenesis.

1. SPERMATOGENESIS
Spermatogenesis merupakan proses pembentukan spermatozoa  (berasal darIi sel spermatogonium) yang berlangsung di dalam kelenjar kelamin jantan (testis). Prosesnya yaitu:


2. OOGENESIS
Oogenesis merupakan pembentukan sel telur (ovum) yang berasal dari sel oogonium dan terjadi di ovarium (indung telur). Tahapannya, yaitu:

FERTILISASI DAN PERKEMBANGAN EMBRIO
Fertilisasi adalah proses meleburnya sel telur dengan sel sperma sehingga membentuk zigot (embrio). Tahapan proses fertilisasi, yaitu:

Apabila proses fertilisasi tidak terjadi maka sel telur (ovum) tidak menempel pada dinding uterus dan akan meluruh (rusak) bersama dengan penebalana dinding uterus sehingga terjadi pendarahan yang disebut menstruasi.

PENYAKTI PADA SISTEM REPRODUKSI
  • Gonorhoea (Kencing Nanah), adalah infeksi pada alat kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neiserria gonorrhoeae, ditandai dengan keluarnya nanah dari alat kelamin
  • Sifilis (Raja Singa), yaitu infeksi luka pada penis atau vagina yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini dapat membahayakan jantung dan otak, serta dapat ditularkan ibu (penderita) kepada bayinya.
  • Herpes, yaitu luka pada alat kelamin yang ditandai dengan timbulnya bercak-bercak kemerahan di sekitar alat kelamin, bahkan dapat meluas ke tubuh penderita.
  • Kandidiasis Vagina (keputihan), yaitu infeksi pada dinding vagina yang disebabkan oleh jamur Candida albicans yang ditandai dengan timbulnya rasa gatal yang sangat hingga mengeluarkan cairan putih kental dan berbau.
  • Kanker Serviks, yaitu timbulnya sel-sel abnormal di seluruh lapisan epitel mulut rahim (serviks).
  • Orkitis, yaitu peradangan pada testis yang dapat menyebabkan infertilitas (tidak subur) dan disebabkan oleh virus Parotitis.
  • AIDS (Asquired Immune Deficiency Syndrome) yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (human immunodeficiency Virus) yang menyerang sel darah putih sehingga merusak sistem kekebalan tubuh (imunitas). Penderita AIDS tidak dapat melindungi dirinya dari segala macam virus dan bakteri penyebab infeksi.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Pengertian Sistem Reproduksi (Organ Reproduksi Manusia)
- Pengertian dan Jenis Organ Sistem Ekskresi
- Proses Peredaran Darah Manusia Serta Sistem Peredaran Darah Getah Bening
- Pengertian Jantung dan Pembuluh Darah Dalam Sistem Peredaran Darah
- Pengertian Sistem Peredaran Darah (Plasma Darah, Sel Darah, Golongan Darah, Fungsi Darah)
- Jenis dan Kapasitas Volume Udara Pernapasan Serta Kelainannya
- Jenis-Jenis Pernapasan Pada Manusia Yang Perlu Sobat Ketahui!
- Sistem Pernapasan Manusia (Pengertian, Jenis, dan Fungsi Alat Pernapasan)
- Sistem Pencernaan Manusia (Alat Pencernaan dan Gangguan Pencernaan)
- Pengertian Otot (Jenis, Gerakan Dan Kelainan Pada Otot)

Demikian pembahasan singkat mengenai pembentukan sel kelamin atau yang disebut juga dengan Gamet dan fertilisasi perkembangan embrio serta penyakit pada sistem reproduksi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Selamat belajar!
  • Referensi: Solusi Cerdas IPA, Sandy Hermawan, ST. & Renan Rahardian, S.Si. Hal.58-59

Pembentukan Sel Kelamin dan Fertilisasi Perkembangan Embrio Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar