-->

Jenis dan Kapasitas Volume Udara Pernapasan Serta Kelainannya

Besarnya volume udara pernapasan pada setiap manusia berbeda-beda, tergantung pada ukuran paru-paru, kemampuan bernapas, dan kondisi kesehatan. Volume paru-paru terdiri atas:
  1. Volume tidal (TV= tidal Volume), merupakan volume udara pernapasan pada saat melakukan pernapasan biasa (sekitar 0,5 liter)
  2. Volume pernapasan simpanan (IRV=Inspiratory Reserve Volume), merupakan volume maksimum udara pernapasan yang dapat diambil pada saat menarik napas. IRV disebut juga sebagai udara komplementer (sekitar 1,5 liter)
  3. Volume Udara Keluar Simpanan ( ERV= Expiratory Reserve Volume), merupakan volume maksimum udara yang dapat dikeluarkan atau disebut juga sebagai udara suplementer (sekitar 1,5 liter)
  4. Volume Residu (RV = Residual Volume), merupakan volume udara tetap yang ada di dalam paru-paru setelah dilakukan pengeluaran napas maksimum (sekitar 1 liter).
Jenis dan Kapasitas Volume Udara Pernapasan Serta Kelainannya
KAPASITAS UDARA PERNAPASAN
  • Kapasitas Paru-Paru Total (TLC = Total Lung Capacity), TLC merupakan kapasitas paru-paru secara keseluruhan (volume udara di dalam paru-paru setelah tarikan napas maksimum) TLC = IRV + TV + ERV + RV
  • Kapasitas SIsa Pernapasan (FRC = Functional Residual Capacity) FRC merupakan jumlah udara yang masih terdapat di dalam paru-paru setelah udara pernapasan normal diembuskan keluar. FRC = ERV + RV
KELAINAN PADA SISTEM PERNAPASAN
Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia:
  1. Emfisema, adalah radang pada permukaan dalam alveolus yang menyebabkan terjadinya penurunan fungsi alveolus dan bronkiolus.
  2. Asma, merupakan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi, seperti debu, bulu, atau rambut.
  3. Kanker Paru-Paru, sel sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lambat laun dapat menyerang seluruh tubuh.
  4. Tuberkulosis (TBC) Merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis sehingga menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus.
  5. Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Infeksi ini menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya, penderita mengalami sesak napas.
  6. Pneumonia, merupakan peradangan pada paru-paru, dimana terdapat cairan dan sel darah merah yang berlebihan pada alveoli yang disebabkan bakteri Diplococcus pneumoniae.
Artikel IPA Biologi Lainnya:
- Jenis-Jenis Pernapasan Pada Manusia Yang Perlu Sobat Ketahui!
- Sistem Pernapasan Manusia (Pengertian, Jenis, dan Fungsi Alat Pernapasan)
- Sistem Pencernaan Manusia (Alat Pencernaan dan Gangguan Pencernaan)
- Pengertian Otot (Jenis, Gerakan Dan Kelainan Pada Otot)
- Hubungan Antar Tulang dan Kelainan Pada Tulang
- Sistem Gerak Pada Manusia (Fungsi dan Jenis Rangka)
- Pola Interaksi Makhluk Hidup dan Aliran Energi Dalam Ekosistem
- Pengertian, Satuan, Jenis dan Komponen Ekosistem
- Pengertian dan Pengelompokan Klasifikasi 5 Kingdom (Animalia)
- Pengertian dan Pengelompokan Klasifikasi 5 Kingdom (Plantae)
- Pengertian dan Pengelompokan Klasifikasi 5 Kingdom (Jamur)

Demikian ringkasan singkat artikel tentana jenis volume udara, kapasitas udara pernapasan dan kelainan pada sistem pernapasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Selamat belajar!

0 Response to "Jenis dan Kapasitas Volume Udara Pernapasan Serta Kelainannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel