Pengertian Spektroskopi, Hambatan Bunyi dan Efek Doppler

Pengertian Spektroskopi
Spektroskopi adalah ilmu yang mempelajari suatu materi dalam hubungannya dengan cahaya, suara atau partikel yang dipancarkan, diserap maupun dipantulkan oleh materi tersebut.
Pengertian Spektroskopi, Hambatan Bunyi dan Efek Doppler

Salah satu penemu Spektroskopi adalah seorang fisikawan dan astronom Swedia bernama Anders Jonas Angstrom (1814-1874). Penelitian awalnya telah membangun dasar analisa spektrum, yaitu analisa mengenai  jarak Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dan diserap. Pada tahun 1868, dia menetapkan pengukuran untuk panjang gelombang yang lebih dari 100 Fraunhofer. Selanjutnya pada tahun 1907 angstrom secara resmi diadposi sebagai satuan unit panjang gelombang.

Pengertian Hambatan Bunyi
hambatan yang dialami oleh benda besar untuk bergerak melewati kecepatan suara. Orang pertama yang berhasil memecahkan hambatan suara adalah seorang pilot bernama Charles E.(Chuck) Yeager pada tanggal 14 Oktober 1947. Dia menerbangkan pesawat supersonic Bell X-1 dengan kecepatan 750 mil (1207km) per jam dan ketinggian 70.140 kaki (21.379 m).
Perempuan pertama yang memecahkan hambatan suara adalah Jacqueline Cochran pada tanggal 8 Mei 1953 dengan kecepatan 760 mil (1223 km) per jam.

Pengertian Efek Doppler
Efek Doppler adalah fenomena perubahan yang jelas dalam panjang gelombang bunyi atau cahaya oleh sumber yang bergerak atau penerima yang bergerak. Frekuensi panjang gelombang meningkat dan panjang gelombang memendek ketika sumber bergerak mendekat, menghasilkan suara melengking dan cahaya kebiruan. Demikian juga ketika sumbe menjauh dari penerima, frekuensinya berkurang, suaranya merendah dan cahaya terlihat kemerahan.

Perbedaan perubahan suara dan cahaya menrut efek doppler. Frekuensi cahaya tidak berubah berdasarkan siapa yang bergerak, sumber atau penerima atau medium perantaranya. Sedangkan frekuensi suara dipengaruhi kondisi tersebut. Perubahan frekuensi cahaya akan terpengaruh jika sumber atau pengamat bergerak menuju sudut yang tepat antara sumber dan pengamat.

Artikel IPA Fisika Lainnya:
- Jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Pengukuran
- Pengertian dan Ciri-Ciri Asam, Basa dan Garam
- Cara Identifikasi Larutan dengan Larutan Indikator
- 3 Wujud Zat yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Kohesi dan Adhesi   
- Pengertian Pemuaian yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Kalor dan Perpindahannya
- Beberapa Hal Yang Berkaitan dengan Suhu dan Energi
- Pengertian Spektroskopi, Hambatan Bunyi dan Efek Doppler
- Pengertian Sifat Radiasi Partikel Alpha, Beta dan Gamma
- Pengertian dan Pengembangan Teori Atom   
- Pengertian Gaya Gerak Listrik dan Arus Induksi   
- Pengertian Meteoroid, Komet dan Asteroid
- Pengertian Besaran dan Satuan dalam Ilmu Fisika

Demikian pembahasan mengenai pengertian spektroskopi, hambatan bunyi dan efek doppler. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi teman-teman yang sedang mencari media untuk referensi. (sumber:Ensiklopedi IPA untuk Pelajar, penulis Vicky Dewi hal 5-6)

0 Response to "Pengertian Spektroskopi, Hambatan Bunyi dan Efek Doppler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel