-->

Pengertian dan Jenis Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi Komando
sistem ekonomi dimana barang-barang dimiliki secara bersama-sama dan didistribusikan untuk kepentingan bersama sesuai dengan kebutuhan anggota masyarakat. Dengan kata lain, sistem ekonomi komando adalah suatu sistem perekonomian pemerintah yang berperan sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Sistem ekonomi komando merupakan sistem yang paling ekstrim dari sistem ekonomi sosialis. Sistem ekonomi ini kali pertama dicetuskan oleh Karl Marx, seorang ekonom asal Uni Soviet (Rusia)
Pengertian dan Jenis Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi Liberal/ Kapitalis
suatu penerapan kehidupan ekonomi yang bebas, dimana warga negara diberi kebebasan untuk menentukan kegiatan ekonominya. Dalam sistem ekonomi liberal seluruh sumber daya yang tersedia, dimiliki dan dikuasai oleh anggota masyarakat untuk dikembangkan secara bebas. Pemerintah sama sekali tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat. Sistem ekonomi liberal/kapitalis sering disebut dengan sistem ekonomi pasar (market system/ price system) atau juga disebut free fight liberalism.

Sistem Ekonomi Sosialis
Sistem Ekonomi Sosialis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi ada campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk kedalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara, serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak seperti air, listrik, telekomunikasi, atau gas. Sistem ekonomi sosialis muncul sebagai perlawanan terhadap ketidakadilan yang timbul dari sistem kapitalis. SOsialis juga diartikan sebagai bentuk perekonomian pemerintah yang bertindak sebagai pihak yang dipercayai oleh seluruh warga masyarakat untuk menasionalisasikan industri-industri besar dan strategis seperti pertambangan, jalan-jalan, jembatan, kereta api, dan cabang-cabang produk selain menyangkut hajat hidup orang banyak. Dalam bentuk yang paling lengkap, sistem sosialis melibatkan kepemilikan dari semua alat-alat roduksi, termasuk di dalamnya tanah-tanah pertanian oleh negara dan menghilangkan milik swasta.
(Baca: Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif)

0 Response to "Pengertian dan Jenis Sistem Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel