-->

Jumlah Kromosom pada Tubuh Manusia

Pada umumnya manusia memiliki 46 kromosom atau 23 pasang disemua sel kecuali sel kelamin. Setengah dari tiap pasangnya diwariskan dari telur ibu, yang lain dari sperma ayah. Ketika sperma dan sel telur bersatu pada saat pembuahan, terciptalah satu sel yang disebut zigot yang memiliki 46 kromosom.
Jumlah Kromosom pada Tubuh Manusia

Kemudian sesudah terjadi pembelahan sel, ke 46 kromosom ini terduplikasi terus menerus hingga berlangsung milyaran kali. Masing-masing sel mengandung kumpulan kromosom identik. Namun, gamet atau sel kelamin berbeda. Pada saat pembelahan, anggota tiap pasang kromosom berpisah dan terbagi ke sel yan glain. masing-masing gamet memiliki 23 kromosom.

Kromosom membawa ribuan gen. Setiap gen mempunyai informasi sifat bawaan khusus. Informasi ini berupa kode kimia dan senyawa kimia yang mengkodekan informasi genetis ini adalah asam deoksiribonukleat (DNA). Gen terlihat sebagai rangkaian DNA dan dikodekan oleh protein khusus. Protein inilah yang menentukan sifat bawaan fisik (seperti tinggi, bentuk tubuh, warna rambut, mata, kulit dll), kimia tubuh (seperti golongan darah, fungsi metabolism, dll) dan beberapa aspek perilaku dan intelegensia. Lebih dari 150 kelainan pada manusia bersifat keturunan. Gen juga dianggap menentukan kerentaanan manusia terhadap penyakit.
(Baca:Pengertian dan Manfaat Fusi Sel Hibridoma)

0 Response to "Jumlah Kromosom pada Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel