Jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui - Dalam kehidupan sehari-hari terdapat berbagai macam termometer yang digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah bermacam-macam termometer yang perlu anda ketahui:
Jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui
id.wikipedia.org

1. Termometer Zat Cair

termometer zat cair merupakan termometer yang menggunakan zat cair sebagai pengisi pipa kapiler dengan prinsip perubahan volumenya yang digunakan untuk menentukan besar skalannya. Zat cair yang digunakan adalah alkohol atau raksa. Termometer yang menggunakan raksa sebagai pengisi pipanya disebut termometer raksa. Sedangkan termometer yang menggunakan alkohol sebagai pengisi pipanya disebut termometer alkohol.

- Termometer Raksa
Raksa dalam pipa akan memuai jika dipanaskan, sehingga mendorong cairan raksa yang ada dalam pentolan untuk keluar. Kelebihan termometer raksa adalah pemuaian yang kecil saja akan menimbulkan perubahan volume yang besar pada panjang kolom raksa. Kelebihan yang lain dari termometer raksa adalah pemuaian raksa yang teratur, mudah dilihat karena mengkilap, tidak membasahi dinding kaca ketika memuai atau menyusut, jangkauan suhunya cukup besar, karena raksa membeku pada suhu -40 derajat celcius dan mendidih pada suhu 350 derajat celcius, raksa akan menunjukan suhu secara cepat dan tepat, karena raksa dapat terpanasi secara merata. Kelemahan termometer raksa adalah harga relatif mahal, raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu rendahn seperti didaerah kutub, raksa merupakan zat berbahaya jika tabung termometer pecah.

- Termometer Alkohol
Selain air raksa, alkohol juga dapat digunakan sebagai air pengisi termometer. Beberapa keunggulan termometer alkohol yaitu harga relatif murah, alkohol sangat mudah memuai, ketika terjadi kenaikan suhu yang kecil akan menimbulkan perubahan volume yang besar, tidak seperti termometer raksa, termometer alkohol dapat mengukur suhu paling rendah karena alkohol membeku pada suhu -112 deraja celcius. Kelemahan termometer alkohol adalah alkohol tidak dapat mengukur suhu yang tinggi, karena titik didih alkohol hanya sebesar 78 derajat celcius, alkohol juga dapat membasahi dinding kaca termometer, selain itu juga alkohol tidak berwarna, jadi harus diberi warna dahulu agar bisa dilihat.

Termometer yang digunakan sehari-hari

1. Termometer Klinis
Termometer klinis digunakan untuk mengukur suhu tubuh, biasanya dipakai oleh dokter, perawat atau keluarga.

2. Termometer Dinding
Termometer dinding digunakan untuk mengukur suhu ruang. Biasanya termometer ini dipasang di dinding dan bahan pengisinya adalah air raksa.

3. Termometer Maksimum dan Minimum
Termometer Maksimum dan Minimum biasanya digunakan untuk mengukur suhu terendah dan tertinggi pada rumah kaca.

Artikel IPA Fisika Lainnya:
- Jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Pengukuran
- Pengertian dan Ciri-Ciri Asam, Basa dan Garam
- Cara Identifikasi Larutan dengan Larutan Indikator
- 3 Wujud Zat yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Kohesi dan Adhesi   
- Pengertian Pemuaian yang Perlu Anda Ketahui
- Pengertian Kalor dan Perpindahannya
- Beberapa Hal Yang Berkaitan dengan Suhu dan Energi
- Pengertian Spektroskopi, Hambatan Bunyi dan Efek Doppler
- Pengertian Sifat Radiasi Partikel Alpha, Beta dan Gamma
- Pengertian dan Pengembangan Teori Atom   
- Pengertian Gaya Gerak Listrik dan Arus Induksi   
- Pengertian Meteoroid, Komet dan Asteroid
- Pengertian Besaran dan Satuan dalam Ilmu Fisika

Demikianlah jenis-jenis termometer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis dan kegunaanya tergantung dengan jenis termometer yang digunakan.
(baca : Pengertian Besaran dan Satuan dalam Ilmu Fisika)

sumber: IP SMP VII penerbit : ERLANGGA hal : 25-28, penulis : Sumarwan, Sumartini, Kusmayadi, Sri Sulastri, Bambang A. Priambodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel